Peringatan

Jika ingin meng-copas kontent disini selalu di DI IZINKAN, TANPA PERLU MEMINTA IZIN. Karena mungkin di Blog ini juga banyak yang saya copas dari weblog lain... yang penting SELAMAT MENIKMATI CERITA DI SINI.

Jumat, 27 November 2015

Kutukan Simfoni ke Sembilan Ludwig Van Beethoven

Image result for Misteri Symphony 9

Dari dunia musik klasik. Pernah mendengar simfoni nomor 9 dari Beethoven? Sejarah mencatat, sang komponis besar tersebut meninggal tidak lama setelah menyelesaikan mahakaryanya, Simfoni ke-9 yang terkenal itu.

Kisah serupa berkaitan dengan simfoni ke-9 juga menimpa beberapa komponis klasik lainnya. Antonin Dvorak meninggal di Amerika setelah menyelesaikan simfoninya yang terakhir, Simfoni nomor 9. Begitu pula dengan Anton Bruckner, yang meninggal saat berusaha menyelesaikan karya terakhirnya, yang lagi-lagi merupakan simfoni nomor 9.

Mitos seputar simfoni no. 9 membuat Franz Schubert mengorbankan simfoninya yang ke-8 dengan membiarkannya tak terselesaikan, demi menyelesaikan simfoni nya yang ke 9. Setelah simfoninya yang ke 9 selesai, dia meninggal.

Karena ketakutannya akan mitos simfoni ke 9, Gustav Mahler tidak menamai simfoninya yang ke 9 sebagai simfoni nomor 9, melainkan dia namai sebagai ‘Das Lied von der Erde’. Simfoni berikutnya setelah itu baru dia namai sebagai simfoni nomor 9. Tragisnya, simfoni no. “9″ tersebut tetap merupakan simfoninya yang terakhir yg bisa dia selesaikan sebelum meninggal.

Siapa yang tidak mengenal nama komposer terkenal Ludwig Van Beethoven, sebelum meninggal ia sempat menciptakan simfoni yang akhirnya menjadi sebuah misteri dalam simfoni no. 9. Simfoni no. 9 dalam tangga nada D minor adalah simfoni terakhirnya yang selesai di gubah pada tahun 1824.

Simfoni sepanjang 75 menit ini berisi bagian dari ode "An Die freude" atau dalam bahasa inggris Ode to Joy karya Friedrich Schiller, sebagai teks yang dinyanyikan oleh para solis dan panduan suara pada gerakan terakhir. Karya ini merupakan contoh pertama dari komponis besar yang menggunakan suara manusia pada tingkat yang sama dengan instrumen-instrumen dalam sebuah simfoni.



Simfoni ini merupakan karya seni musik klasik yang paling terkenal dan merupakan sebuah mahakarya Ludwig Van Beethoven yang terhebat karena di gubah ketika dia telah tuli sepenuhnya. Simfoni ini memainkan peranan kebudayaan yang penting dalam lingkungan modern. Sebuah versi yang telah di adaptasi digunakan dalam sebuah lagu kebangsaan Uni Eropa. Pada tahun 1989 para pelajar dalam demonstrasi tiananmen, mereka menyiarkan simfoni ini menggunakan pengeras suara sebagai pernyataan melawan tirani.

Setelah Ludwig Van Beethoven meninggal dan belum menyelesaikan simfoni yang ke 9, maka banyak cerita yang timbul kalau simfoni no.9 ini adalah sebuah kutukan. Kutukan ini sangat di kenal oleh para pencinta musik klasik dan beberapa musisi terkenal di masanya dipercaya terkena kutukan dari simfoni ke sembilah ini, mereka akan meninggal jika telah menyelesaikan simfoni yang ke sembilan. Kutukan ini menimpa Beethoven yang kematiannya menyisakan sebuah misteri.

Kutukan ini pun semakin di percaya karena Gustav Mahler percaya bahwa dia tidak akan meninggal karena kutukan tersebut. Sayangnya, saat akan mengerjakan simfoni yang ke sepuluh, akhirnya di terkena kutukan itu dan meninggal dunia dan benar saja, itu semakin menguatkan bahwa kutukan simfoni ke sembilan benar-benar ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Animated Purple Gitter SkullAnimated Purple Gitter Skull